Sabtu, 25 Agustus 2012

9 Bangunan Paling Unik Di Dunia

1. The Krzywy Domek



The Krzywy Domek,  jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Rumah Bengkok adalah sebuah bangunan berbentuk tidak beraturan/bengkok yang berlokasi di Sopot, Polandia. Para Domek Krzywy dibangun pada tahun 2004 dan luasnya sekitar 4.000 meter persegi dan merupakan bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent. Bangunan ini dirancang oleh Szotyńscy & Zaleski yang berdasarkan pada lukisan Jan Marcin Szancer (seorang seniman Polandia yang terkenal dan ilustrator buku anak) dan Per Dahlberg (seorang pelukis yang tinggal di Sopot Swedia). Konstruksi bangunan ini sendiri dimulai pada bulan Januari 2003 dan selesai pada Desember di tahun yang sama.

2. Kansas City Public Library


Kansas City Public Library merupakan perpustakaan umum yang berada di Kansas City, Missouri. Bangunan ini didirikan pada tahun 1873, dan merupakan perpustakaan yang paling tua di daerah Kansas City. Koleksi khusus, bertempat di Perpustakaan Central Kamar Lembah Missouri, memiliki koleksi sejarah lokal Kansas City, termasuk bahan asli dan diterbitkan, artikel berita, kartu pos, foto, peta, dan direktori kota yang berasal dari sejarah masyarakat awal. Para Perpustakaan Koleksi Ramos meliputi buku-buku, pamflet, artikel jurnal dan bahan lain yang berkaitan dengan Afrika-Amerika sejarah dan budaya. " The Community Bookshelf merupakan bangunan yang paling mencolok dari perpustakaan ini. Bangunan yang berbentuk buku ini ukurannya sekitar 25 meter sampai 9 kaki dan terbuat dari papan mylar dan berjumlah 22 buku yang mencerminkan berbagai kepentingan membaca seperti yang disarankan oleh pembaca Kansas City.

3. The Basket Building

Bangunan yang terletak di Newark, Ohio ini mungkin merupakan bangunan teraneh di dunia. Bangunan yang luasnya 180.000 meter persegi, merupakan replika dari sebuah keranjang pasar. Pembangunannya pun menelan biaya sekitar $ 30 juta dan memerlukan dua tahun untuk menyelesaikan pembangunannya.

4. Cubic Houses



Ide asli rumah-rumah kubik ada pada 1970-an. Piet Blom telah mengembangkan rumah-rumah kubik yang dibangun di Helmond.selanjutnya pemerintah Kota Rotterdam memintanya untuk mendesain perumahan di atas sebuah jembatan pejalan kaki dan ia memutuskan untuk menggunakan ide rumah kubik. Konsep di balik rumah-rumah ini adalah bahwa ia mencoba untuk membuat hutan oleh masing-masing kubus mewakili sebuah pohon yang abstrak, sehingga seluruh desa menjadi hutan. Ada 38 kubus kecil dan dua 'super-kubus', semua melekat satu sama lain.

5. Wooden Gagster House



Wooden Gagster House adalah sebuah rumah kayu yang terletakdi Arkhangelsk, Rusia. Menurut ceritanya, bangunan ini pertamanya tingginya sekitar 144-kaki dan menyusut tinggal 44 m. Bangunan yang merupakan rumah dari pengusaha lokal Nikolai Petrovich Sutyagin yang merupakan rumah kayu tertinggi di Rusia atau mungkin di Dunia. Rumah ini dibangun oleh Sutyagin dan keluarganya selama 15 tahun (mulai tahun 1992), tanpa rencana formal atau izin bangunan, struktur memburuk sementara Sutyagin menghabiskan beberapa tahun di penjara atas tuduhan pemerasan. Pada tahun 2008, ia dikutuk oleh kota sebagai bahaya kebakaran, dan pengadilan memerintahkan untuk dihancurkan pada 1 Februari 2009.

6. Mammy’s Cupboard


Mammy's Cupboard (didirikan 1940) adalah sebuah restoran pinggir jalan yang terletak di US Highway 61 selatan Natchez, Mississippi. Roknya terbuat dari batu bata, dan anting-antingnya dari sepatu kuda. Mammy's Cupboard telah beberapa kali di renovasi, eksterior telah diperbaiki dan interiornya diperbaharui.

7. Nord LB building


Gedung baru kantor Bank Jerman Utara (NordLB) terletak di selatan cincin-kota dan di sebelah Hanover City Hall. The Stuttgart terkenal arsitektur kantor Behnisch, Behnisch dirancang kompleks perkantoran, yang dihuni 1.500 karyawan di lebih dari 75.000 m2.

Menara kaca kantor 70 m tinggi pernah dianggap sebagai tumpukan kontainer, tetapi sekarang telah menjadi kebanggaan penduduk Hanover. Pada tahun 2002, Kota ini mendapatkan penghargaan "Niedersächsischen Staatspreis für Architektur (Sebuah Penghargaan bergengsi bidang Arsitektur di Jerman).

8. Fuji Television Building


Bangunan yang merupakan kantor dari Fuji TV ini adalah salah satu bangunan yang paling mencolok di Jepang. Bangunan futuristik logam yang dihiasi bola perak besar yang berdiameter 32 meter dan beratnya diperkirakan sekitar 1200 ton, bola ini berjarak 123 meter dari tanah yang berfungsi sebagai dek observasi dengan pemandangan ke Teluk Tokyo dan daerah Odaiba.

9. Ripley’s Building


The Ripley Believe It or Not di Orlando dibangun pada tahun 1992. Bangunan ini Ripley tampaknya tenggelam ke jalan. The Ripley Branson lokasi dibangun pada tahun 1994. Gedung ini memiliki penampilan gempa rusak. Atlantic City, NJ dan Myrtle Beach, SC fitur arsitektur lokasi bencana serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar